Cara Edit Foto Jadi kartun di Medibang Paint Android

shares |

Edit Foto Kartun di Android - Merubah foto menjadi sepeti kartun memang memiliki keunikan tersendiri, sehingga tak heran jika banyak orang yang memakai jasa edit foto untuk merubah fotonya agar terlihat seperti kartun. Untuk harga yang ditawarka pihak jasa edit foto pun beraneka ragam dari mulai 30k sampai 80k / foto, tergantung dari jenis editan dan tingkat kesulitan bahan yang diedit. Tak sedikit pula yang belajar edit foto sendiri, lewat perangkat android ataupun pc.

Dan saat ini banyak sekali aplikasi edit foto kartun yang bisa kita pakai diponsel android. Seperti aplikasi Autodesk Sketchbook, Infinite Design, Adobe Illustrator Draw dan Medibang Paint. Sehingga memudahkan kita untuk membuat gambar / foto seperti kartun yang kita inginkan. Namun pastinya untuk membuat foto seperti kartun ini tak semudah yang kira bayangkan. Butuh latihan ekstra karena semua prosesnya dilakukan secara manual.

Buat kalian yang ingin belajar membuat foto seperti kartun diandroid, yuk sama - sama kita belajar edit foto jadi kartun lewat aplikasi medibang paint. Medibang Paint ini merupakan aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh medibang inc, untuk versi terbaru saat ini 11.4 yang baru saja diperbarui pada 4 september 2017. Selain tersedia untuk perangkat android, aplikasi medibang paint ini juga tersedia untuk pengguna iOS dan Window.

edit foto jadi kartun di android


Cara edit foto kartun yang akan saya berikan ini hanyalah basic dasarnya saja, silahkan jika sobat tertarik ingin mencoba membuat kartun sendiri, ambil dulu aplikasinya dibawah ini.

Bahan
Aplikasi Bedibang Paint

Setelah memiliki aplikasi medibang paint, sekarang kita siapkan foto yang akan dijadikan kartun. Dan untuk memulai sebaiknya gunakanlah foto yang memiliki tingkat resolusi bagus, sehingga saat dizoom nantinya foto tersebut masih terlihat jelas tidak pecah. Ok langsung saja kita ikuti cara edit foto kartun lewat medibang paint dibawah ini.

  • Buka aplikasi medibang paint yang sudah sobat install, kemudian klik new canvas. Nanti akan banyak sekali icon yang tersedia dalam aplikasi tersebut, sobat cari icon layar dan klik tanda + lalu pilih select an image add. Silahkan pilih foto yang akan kita buat menjadi kartun.

cara edit foto jadi kartun di android

  • Setelah memilih dan memasukan foto, sobat bisa mengatur besar - kecil tampilan foto tersebut. Silahkan diatur saja sesuaikan dengan ukuran canvas agar lebih mudah dalam proses pengeditan. Jika sudah klik set, nanti akan muncul pop up baru " Extract line art?" pilih saja No.

edit foto jadi kartun

  • Sekarang foto sudah berhasil kita masukan, langkah berikutnya pindahkan posisi layar foto kebawah. Pilih layar foto lalu klik tanda panah (bawah), nanti posisi layarnya akan berpindah. Setelah itu kurangi opacity pada layar foto seperti gambar dibawah ini.

tutorial edit foto jadi kartun di android

  • Sekarang saatnya memulai proses edit foto kartun, untuk langkah awal kita buat dulu garis/line art sesuai dengan bahan. Kalian bisa memakai tool pen atau yang lain, untuk ukurannya bisa disesuaikan. Kira - kira hasilnya seperti gambar dibawah ini.

edit foto kartun diandroid

  • Setelah sesai membuat line art kita buat lagi layar baru, klik icon + lalu pilih color layar. Lalu pindahkan layar baru ini posisinya berada dibawah line art.

foto kartun keren

  • Sekarang bikin pewarnaan bagi bagian mata, beri dulu pewarnaan dasar dengan warna abu - abu. Setelah itu gunakan airbrush dengan warna putih dan merah muda dibagian pojok mata. Untuk ukuran airbrush kalian atur saja sesuai kebutuhan.

cara edit foto kartun keren di medibang paint

  • Buat lagi layar baru unuk memberi warna pada bagian pupil mata, simpan layar ini berada diatas layar line art. Silahkan beri warna pupil mata tersebut, bisa memakai tool brush atau tool pensil. Untuk hasilnya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

cara edit foto kartun keren di medibang paint

  • Jika sudah kita satukan layar mata dengan line art, caranya klik icon layar pilih marge down. Sekarang buat lagi layar baru untuk proses pewarnaan bagian kulit.

edit foto kartun

  • Letakan posisi layar baru ini berada dibawah line art, kalau sudah pilih tool yang digunakan, disini saya gunakan watercolor. Untuk warna yang dipakai bisa nembak warna asli kulit foto yang kita edit, atau pilih saja sesuai selera.

edit foto kartun

  • Mulai lakukan pewarnaan dasar pada kulit sampai merata kecuali bagian bibir. Jika sudah buat lagi layar baru letakan diatas layar pewarnaan yang telah kita buat tadi.

edit foto kartun

  • Layar baru ini kita pakai untuk pewarnaan area yang lebih gelap pada bagian wajah. Kalian bisa memakai tool airbrush dengan opacity rendah, warna yang dipakai harus lebih gelap dari warna dasar kulit. Jika sudah bikin lagi layar baru untuk pewarnaan kulit area lebih terang, untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

edit foto kartun

  • Langkah selanjutnya lakukan pewarnaan pada mulut, hasilnya kira - kira seperti gambar ini.

edit foto kartun

  • Jika semua pewarnaan pada kulit, mata, dan bibir selesai kita lanjut pewarnaan dibagian baju. Untuk langkahnya sama seperti diatas, kita beri warna dasar dulu setelah itu beri warna lebih gelap dan terang.

edit foto kartun

  • Sekarang buat layar baru untuk dijadikan background, taruh posisi layar ini dibagian bawah. Selanjutnya pilih tool gradient dan kalian pilih beberapa warna yang akan dipakai.

edit foto kartun

  • Jika semuanya sudah selesai saatnya kita simpan hasil edit foto kartun ini. Selesai selamat mencoba.

edit foto kartun

Baca Juga :
Cara edit foto kartun smudge painting
Cara edit foto jadi anime jepang

Nah itulah cara edit foto jadi kartun lewat aplikasi medibang paint android, silahkan sobat pelajari dan kembangkan lagi karena ini hanyalah tutorial dasar. Seperti yang sobat lihat hasilnya juga masih kurang memuaskan, karena saya juga masih belajar memakai aplikasi medibang paint.

Demikian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali tentang edit foto kartun di android, semoga tutorial edit foto kali bisa bermanfaat bagi sobat dirumah. Terimakasih telah meluangkan waktunya mampir di rumah edit foto dan sampai berjumpa kembali di tutorial edit foto terbaru lainnya.

Related Posts

10 komentar:

  1. Mencerahkan gan 😀😀

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Sama - sama gan, terimakasih telah berkunjung.

      Hapus
  3. masih kurang jelas di tahap pengeditannya gan saya masih newbie

    tolong jelasin lgi gan saya pengen bngt bikin foto saya jadi kaya gini tolong di pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang agak sulit gan kalau mau bikin foto kartun lewat medibang paint, harus sabar dan perbanyak latihan. Kalau mau bikin foto kartun saran saya coba pakai aplikasi autodesk sketchbook pro, app tersebut lebih mudah dipergunakan (Cocok untuk pemula). Agan add fb saya " Van Art " nanti saya bantu. Terimakasih telah berkunjung.

      Hapus
    2. udh saya add gan nanti ajarin ya.. mohon bantuannya

      Hapus
    3. Sudah saya konfir gan, ok nanti saya bantu.

      Hapus
  4. Gan saya ga ngerti pas buat tahap membuat garis gmna maksudnya ga ada poto contoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya agan bikin garis (line art ) dilayer baru..untuk membuatnya agan bisa memakai tools pen yang tersedia di app medibang paint. Jika masih blum paham agan add fb saya "Van Art" nanti saya bantu.

      Hapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan bertanggung jawab. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi kami lewat formulir kontak.