Tutorial Edit Foto Vector Vexel di Aplikasi Sketchbook Android

shares |

Tutorial Vector Android - Belajar edit foto memang sangat menyenangkan, selain bisa menghilangkan rasa jenuh, ngedit foto juga bisa meningkatkan kretivitas seseorang. Dan sekarang banyak sekali aplikasi edi foto android yang canggih dengan segudang fitur didalamnya. Hal ini semakin memudah seseorang untuk belajar edit foto lewat ponsel android. Buat kalian yang mencari tutorial edit foto android, disini banyak sekali tersedia tutorial yang bisa dipelajari, legkap dengan bahan editan dan aplikasinya.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial edit foto vector vexel di sketchbook android. Edit foto vector ini merupakan salah satu edit foto yang paling banyak diminati, sama seperti edit foto smudge painting dan wpap.

Tutorial edit foto vector dengan aplikasi sketchbook

Untuk membuat edit foto vector ini biasa para editor memakai pallet warna, untuk memudahkan dalam proses pembuatan foto vector. Namun sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kalian pahami dulu cara menggunakan aplikasi sketchbook. Agar nantinya bisa lebih mudah dalam mempelajari tutorial edit foto vector.

Bahan
Aplikasi Sketchbook Pro dan Picsay pro
Foto dan Pallet Vector

Selain memakai aplikasi sketchbook pro dan pallet warna kita juga memerlukan aplikasi picsay pro untuk menambahkan effect pada foto. Silahkan unduh semua bahan dan aplikasinya lewat link yang telah saya siapkan diatas.

Buat memulai belajar edit foto vector ini sebaiknya kita pakai terlebih dulu bahan (foto) yang mudah dan kualitas bagus. Jangan langsung memakai foto yang rumit dan blur, karena itu akan mempersulit kita dalam proses belajar.

Jika semuanya sudah siap,yuk langsung saja ikuti langkah demi langkah cara edit foto vector dibawah ini.

Langkah ke - 1
Pada tahapan pertama ini kita buka terlebih dahulu aplikasi picsay pro, lalu masukan foto yang akan kita edit vector. Cari dan pilih menu effect, nanti secara otomatis akan muncul berbagai pilihan effect, lalu kita pilih effect postrerize.

Tutorial edit foto vector dengan aplikasi sketchbook

Silahkan atur effect postrize sesuai selera, jika sudah klik tanda ceklis dipojok atas. Pemberian efek posterize bertujuan untuk mempermudah menentukan gelap terang warna yang terdapat pada objek (bahan editan). Boleh dilakukan, tidak juga tak apa - apa, jika sudah simpan dulu hasilnya. Sekarang kita pindah aplikasi menggunakan sketchbook pro, buka aplikasi tersebut lalu pilih icon diatas dan pilih menu custom.

Langkah awal edit foto vector android

Disini kita akan menentukan jumlah layar / canvas yang akan kita pakai dalam proses edit foto vector. Saat memilih jumlah layar hal yang perlu diingat ialah, semakin banyak memakai layar maka kualitas foto semakin menurun. Maka sebaiknya gunakan layar secukupnya saja, misal 8 layar. Langkah selanjutnya klik icon jangka / penggaris lalu pilih import foto.

Langkah memasukan foto di aplikasi sketchbook

Masukan bahan foto yang tadi sudah kita beri efek porterize di picsay pro, jika sudah masukan pallet warna dan letakan disamping foto. Untuk cara memasukan pallet warna ini sama seperti langkah diatas.

Cara memasukan pallet warna di sketchbook

Langkah ke - 2
Sekarang saat nya kita untuk memberi pewarnaan pada bagian wajah, untuk memulai kita buat layar baru lalu bikin garis / line art mengikuti objek foto, secukupnya saja. Untuk kuas yang dipakai bisa menggunakan kuas pensil, seperti gambar dibawah ini. Silahkan pilih salah satu.

Proses membuat line art di sketchbook

Setelah pilih kuas pensil sekarang kita atur setingannya, usahakan garisnya jangan terlalu tebal. Untuk warna yang dipakai bisa memakai warna hitam atau warna yang tersedia pada pallet. Hasilnya bisa kalian lihat dibawah ini.

edit foto vector di android

Sekarang klik icon + untuk membuat layar baru, letakan layar baru ini dibawah layar line. Klik icon lingkaran warna yang ada diatas, lalu pilih tool suntikan warna untuk mengambil warna yang terdapat pada pallet.

Proses pewarnaan kulit wajah

Pilih kuas pensil yang akan dipakai, lalu setting seperlunya saja. Agar prosesnya lebih cepat disini saya memakai kuas pensil yang paling besar. Lakukan pewarnaan dasar pada pada bagian kulit.

Proses pewarnaan kulit bagian gelap

Sekarang buat layar baru lagi, letakan layar ini diatas layar warna dasar kulit. pilih warna yang paling gelap yang terdapat pada pallet warna, lalu kita mulai lakukan pewarnaan diarea gelap pada objek foto yang kita olah. Jika kesulitan kalian bisa mengikuti alur porterize.

Cara membuat foto vector di sketchbook

Jika sudah buat lagi layar baru dan lakukan pewarnaan selanjutnya dengan warna yang berbeda. kalian ambil warnanya dari pallet, untuk hasil sementara bisa lihat pada gambar.

Cara membuat foto vector di sketchbook

Lakukan langkah yang sama untuk pewarnaan berikutnya, pilih warna seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Warnai secara pelan - pelan dan usahakan hasilnya rapih.

Cara membuat foto vector di sketchbook

langkah terakhir pilih warna yang paling terang, lalu warnai sesuai dengan objek foo. Setelah selesai kita turunkan opacity layarnya sekitar 30 - 40%. Karena disini memakai layar sedikit kita harus menyatukan layar tersebut. Silahkan klik marge untuk menyatukan satu persatu layar kulit wajah.

Membuat foto vector di android


Langkah ke - 3
proses pewarnaan wajah sudah selesai, sekarang kita lanjut proses pewarnaan mata. Seperti biasa klik icon + untuk membuat layar baru, letakan berada dibawah layar line art. Disini kita akan membuat pewarnaan dasar memakai warna abu - abu seperti yang terlihat pada gambar (pilih salah satu).

Membuat foto vector di android

Untuk kuas yang dipakai bisa meggunakan kuas pensil, ukurannya atur seperlunya saja. Lakukan pewarnaan secara merata, jika sudah selesai ganti warnanya dengan warna yang lebih cerah. Hasilnya bisa lihat pada gambar.

Membuat foto vector di android

Jangan lupa memberi pewarnaan dibagian pojok mata, kalian bisa memakai warna merah. Kalau semua sudah selesai, buat lagi layar baru untuk pewarnaan pupil mata.


Disini kita akan buat yang simple saja, pilih icon jangka yang ada barisan atas lalu pilih tool guides berbentuk lingkaran. Silahkan warnai pupil mata mengikuti lingkaran, untuk warna dan ukuran kuas bisa disesuaikan saja. Jika sudah satukan kedua layar mata ini untuk menghemat layar.

Cara membuat mata vector

Langkah ke - 4
Sekarang langkah selanjutnya proses pewarnaan dibagian bibir, silahkan buat layar baru lalu beri pewarnaan dasar bibir. Untuk warnanya pakai pakai warna pallet bibir yang sudah tersedia.

Cara membuat bibir vector di android

Buat lagi layar baru, lalu gunakan warna yang lebih gelap. Lakukan pewarnaan bibir ini secara bertahap dari mulai yang gelap sampai warna bibir yang paling terang. Dan untuk pewarnaan bibir yang paling terang ini kita turunkan opacity layarnya sekitar 20 - 30%. Kalau semua proses bibir sudah selesai satukan layar tersebut klik marge.

Cara membuat bibir vector di android

Proses pewarnaan wajah, mata dan bibir sudah selesai. Sekarang lanjut pada bagian hijab, warna hijabnya sesuai selera masing - masing. Kalian bisa memakai 4, 5 warna atau lebih, agar nantinya tidak bolak - balik memilih warna, sebaiknya simpan warna yang akan kita pakai disamping objek foto. Agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

Aplikasi edit foto vector

Mulai lakukan proses pewarnaan hijab dengan warna dasar yang sudah kita pilih, kalau sudah buat layar baru dan warnai hijab dengan warna paling gelap.

Aplikasi edit foto vector

Klik icon + buat layar baru lagi, pilih warna yang lebih terang, lakukan pewarnaan secara hati - hati, mengikuti alur posterize. Agar lebih mudah dalam proses pewarnaan, sebaiknya urutkan posisi layar dari paling gelap - terang, perhatikan gambar dibawah ini.

Aplikasi edit foto vector

Sepertinya semua proses sudah hampir selesai, sekarang kita hapus layar pallet dan layar foto karena sudah tak dibutuhkan lagi. Setelah dihapus baru kita satukan semua layar dengan cara klik pada layar lalu pilih marge all.

Langkah ke - 5
Untuk mempercantik hasil editan ini kita pakai background yang bagus, pilih icon jangka / penggaris lalu pilih import foto. Cari background yang sudah kita persiapkan sebelumnya, lalu taruh background dibawah layar foto editan. Untuk menyimpan hasilnya kalian bisa klik con dipojok kanan pilih menu share.

Belajar edit foto vector vexel di android

Nanti akan muncul beberapa pilihan, pilih saja save to device. Pada tahapan terakhir kita buka kembali aplikasi edit foto picsay pro. Silahkan masukan hasil edit foto vector yang telah kita buat disketchbook, pilih adjust - crop and straighten.

Belajar edit foto vector vexel di android

Setelah selesai kita ubah ukuran fotonya pilih resize, atur ukurannya sesuai selera, jika sudah klik quick fit lalu simpan hasil edit foto vector ini dialbum galeri. Selesai selamat mencoba.

Belajar edit foto vector vexel di android

Baca Juga :
Cara edit foto smudge painting di sketchbook android
Cara merubah foto jadi kartun via medibang paint

Akhirnya selesai juga tutorial edit foto vector diandroid iini, semoga bisa dipahami dan bermanfaat bagi pembaca semua. Ini hanyalah tutorial sederhana, untuk itu silahkan kalian pelajari dan kembangkan lagi agar hasil editannya bisa lebih keren.

Sekian pembahasan pada kesempatan kali ini tentang tutorial edit foto vector vexel diaplikasi sketchbook android. Jika ada langkah - langkah yang kurang jelas kalian bisa coret - coret dikolom komentar. Terimakasih telah berkunjung mampir di rumah edit foto, sampai berjumpa kembali ditutorial edit foto terbaru lainnya.

Related Posts

9 komentar:

  1. Min di picsay saya ko gada postrerize nya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas pakai picsaypro versi berapa? Saat ini aplikasi picsay pro terbaru itu versi 1.8.05. Untuk link downloadnya sudah tersedia diatas.

      Hapus
  2. Mas untuk settingan pinsil di sb berapa itu tutorial gambarnya ga jelaa pas gambar di donlot juga qualitas jelek blur banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk setingan line art, saya pakai kuas pensil yg pertama. Dengan setingan kuas, radius manimum 0.5 radius maxsimum 1.5, opacity minimun 0.01 opacity maximum 0.60 - 0.80, spacing 1.3. Sedangkan untuk setingan proses pewarnaan, opacity minimum dan maksimumnya di full kan saja, jadi mas cukup mengatur radius minimum dan radius maksimum, itu diatur seperlunya saja.

      Hapus
  3. appnya versi berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai sketchbook pro versi 3.6.2 mas, link app nya sudah tersedia diatas.

      Hapus
    2. Aplikasi versi it gk bs dibuka kk

      Hapus
  4. Pallet vektor nya di mana downlotnya

    BalasHapus
  5. app nya yg versi 362 ko gabisa dibuka ya gan,

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan bertanggung jawab. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi kami lewat formulir kontak.